Jumat, 11 Desember 2015

Coffee Lover harus baca. Berapa gelas kopi yang aman diminum setiap hari?


Kopi. 

Apa yang Anda pikirkan tentang kopi? Bila Anda adalah seorang Coffe lover –termasuk saya-, mungkin akan berpendapat, “saya tidak bisa hidup tanpa minum kopi!”. Namun jika Anda termasuk yang kontra dengan minuman ini, pasti yang terpikir adalah bahaya-bahaya yang bisa disebabkan olehnya. Yap, kopi memang kontroversial!

Padahal kopi sudah terbukti, berdasarkan berbagai penelitian, memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Diantaranya kandungan antioksidan yang tinggi, menurunkan risiko diabetes, penyakit saraf, dan juga penyakit liver.

Baiklah, jangan sangka saya membuat artikel ini untuk membela teman-teman saya sesame coffe lover ya. Saya juga mengakui, kopi juga mempunyai efek samping kurang baik untuk kesehatan tubuh, seperti meningkatkan risiko penyakit jantung, mengganggu kesuburan, bahkan menyebabkan keguguran. Itu semua juga disebutkan di jurnal-jurnal kesehatan. Ya, saya tau itu!

Tapi tahukan teman-teman, semua efek baik dan buruk kopi itu, tidak bergantung dari kita minum kopi atau tidak. Bukan hanya itu! Lebih jauh, semua manfaat dan bahaya berhubungan dengan dosis atau jumlah yang dikonsumsi. 

Jadi, yang akan dibahas kali ini adalah, seberapa banyak jumlah kopi yang boleh dikonsumsi, untuk mendapatkan manfaatnya, namun dengan risiko minimal mendapatkan efek samping buruknya. 

Berapa banyak kandungan kafein dalam segelas kopi?

Kandungan kopi yang sering disebut-sebut adalah kafein. Memang benar kopi mengandung kafein, namun kafein juga dapat ditemukan dalam teh, soft drink, cokelat, dan minuman berenergi.

Kandungan kafein dalam secangkir kopi bervariasi, yaitu sekitar 50 hingga 400 mg per cangkir. “Kopi rumahan” mengandung sekitar 50 – 100 mg kafein per cangkirnya. Sedangkan kopi kemasan sekitar 70 – 100 mg kafein per sachetnya. Kandungan kafein cukup tinggi ditemukan pada kopi dari Sta**uks, yaitu sekitar 150 – 300 mg (tergantung jenis minuman yang Anda pesan).

Bagaimana dengan kopi di cafe atau warung kopi? Wah jujur saja saya tidak bisa menyebutkan. Karena sumber tulisan ini diambil dari penelitian yang kebanyakan terbitan luar negeri, saya belum menemukan kandungan kafein yang ada di produk-produk kopi yang beredar di dalam negeri. Maaf ya :(, nanti kalo ada info, saya update deh :D



Berapa kadar kafein yang aman dikonsumsi?

Penelitian menyebutkan bahwa jumlah kafein yang aman dikonsumsi orang dewasa sehat per harinya adalah 400 mg, atau sekitar 4-5 gelas kopi per hari. Namun jika Anda adalah wanita yang sedang hamil atau menyusui, kadar aman menurun pada kisaran 200 mg per hari.

Namun perlu diingat, sumber kafein bukan hanya kopi. Sudah disebutkan bahwa makanan dan minuman lain juga mengandung kafein. Jadi bijaksanalah dalam mengonsumsi kopi. Ada baiknya sekadar 1 atau 2 cangkir kopi per hari saja. Saya pribadi biasanya minum kopi secangkir sehari tiap pagi hari, kadang tambah secangkir lagi bila perlu (ada pekerjaan, shift malam tapi agak mengantuk, atau sekedar pengen :D).

Oh iya, bila Anda mempunyai risiko tekanan darah tinggi, dada sering berdebar, diabetes, gangguan cemas atau gangguan panic, dan sedang minum obat-obatan tertentu, maka kadar tersebut tidak bisa menjadi acuan ya. Sudah disebutkan kan, kalau itu untuk orang dewasa yang sehat. Bila Anda termasuk golongan di atas dan ingin minum kopi, silakan tanyakan dulu kepada dokter ya :D.

Sekian informasi tentang kopi. Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar