Kamis, 10 Desember 2015

Digigit Kalajengking, Ini Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan Di Rumah


Hai readers, 

Di era seperti sekarang ini, digigit kalajengking mungkin bukanlah hal yang dapat dibayangkan oleh masyarakat. Bertemu dengan hewan ini pun pasti sangat jarang. Namun pada kenyataannya beberapa waktu yang lalu saya bertemu dengan pasien anak-anak yang digigit kalajengking. Oleh karenanya saya jadi tertarik untuk membuat artikel ini, sebagai informasi bagaimana pertolongan pertama jika diri sendiri atau keluarga digigit kalajengking.

Gigitan kalajengking – walaupun sangat nyeri – namun sebagian besar tidak berbahaya. Hanya sekitar 30 dari 1.500 spesies kalajengking yang dapat berakibat fatal bila menggigit, dan kebanyakan berasal dari pedalaman Amerika.

Gigitan kalajengking tidak berbahaya pada pasien dewasa muda, dan biasanya tidak membutuhkan terapi medis. Namun bila yang digigit anak-anak, atau orang tua, perlu segera dilarikan ke pelayanan kesehatan untuk mendapatkan pertolongan dan diperiksa lebih lanjut. Oh ya, walaupun sangat jarang, gigitan kalajengking juga dapat menyebabkan efek samping sistemik yang berbahaya bila kalajengking yang menggigit mengeluarkan racun, gejalanya akan dijelaskan nanti ya, ada baiknya kita tau juga sebagai jaga-jaga.

Gejala setelah digigit kalajengking paling sering adalah nyeri di bekas gigitan. Gejala lain adalah bengkak, kemerahan, dan kebiruan, bahkan bisa juga membuat mati rasa.

Gejala bahaya yang perlu diwaspadai. Bila muncul gejala ini, segera ke Rumah Sakit :
- Otot berkedut terus menerus
- Berkeringat banyak
- Mual dan muntah
- Tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah
- Frekuensi jantung cepat, atau denyut jantung tidak teratur
- Pada anak-anak, gelisah dan menangis kerasa (rewel)

Lalu, apa yang harus dilakukan sebagai pertolongan pertama gigitan kalajengking di rumah. Berikut ini yang bisa dilakukan :

Tindakan pertama yang harud dilakukan adalah cuci bagian yang digigit dengan sabun

  1. Cuci bagian yang digigit dengan air mengalir dan sabun. Bila yang digigit jari/ tangan, lepaskan perhiasan yang dipakai, jaga-jaga bila menjadi bengkak terus tidak bisa dilepas
  2. Kompres dingin selama 10 menit, sebaiknya dengan es batu yang dibungkus kain/ handuk. Hindari kompres langsung dengan es batu tanpa dibungkus
  3. Luka bekas gigitan jangan disedot atau dipotong
  4. Tidak perlu mengikat di atas bagian yang digigit
  5. Bisa diberi anti nyeri untuk meringankan gejala, misalnya paracetamol atau ibuprofen, berikan sesuai petunjuk ya
  6. Bila yang digigit anak di bawah 5 tahun atau lansia, setelah tindakan 1 dan 2, segera ke RS
  7. Bila muncul gejala-gejala lanjutan, segera ke RS
Sekian sharing informasi kali ini, semoga bermanfaat untuk para pembaca. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar