Minggu, 06 Desember 2015

3 Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit dan Kecantikan Anda !


Tanaman Lidah Buaya sumber 

Aloe vera atau lidah buaya bukanlah tanaman yang asing bagi kita yang hidup di Indonesia. Tanaman ini bisa dengan mudah ditemukan dan dibudidayakan di rumah, betapa bahagianya ya kita hidup di negara tropis yang subur, jadi gampang membudidayakan berbagai jenis tanaman, termasuk lidah buaya ini.

Sudah sejak lama tanaman ini dikenal mempunyai banyak manfaat, baik untuk dikonsumsi atau dimanfaatkan sebagai “obat oles” pada kulit, biasanya yang dipakai adalah gelnya. Kali ini, saya akan memberi informasi mengenai manfaat gel lidah buaya untuk kulit. Informasi yang saya berikan berasal dari jurnal penelitian, jadi bukan sekedar mitos ya, tapi yang sudah terbukti dengan penelitian. 

Gel lidah buaya mempunyai banyak manfaat (sumber)

Yuk, mari kita simak, beberapa manfaat lidah buaya untuk kulit adalah sebagai berikut :  

1. Mempercepat penyembuhan luka

Menurut teori kedokteran, penyembuhan luka terbagi menjadi tiga fase. Fase pertama adalah inflamasi atau proses peradangan. Fase kedua adalah hancurnya jaringan yang sudah rusak, diikuti fase ketiga berupa regenerasi sel dan pembentukan jaringan ikat.

Gel lidah buaya mengandung glucomannan dan plant growth hormone yang terbukti dapat meningkatkan pembentukan kolagen dan asam hialuronat. Seperti yang sudah dikenal luas, kolagen adalah struktur protein penting di dalam kulit. Kolagen adalah komponen yang menyokong jaringan ikat dan tulang, termasuk juga kulit kita. Luka paling banyak merusak kulit dan komponen-komponennya termasuk kolagen, pembentukan kolagen juga akan mempercepat penyembuhan luka pada kulit. Sedangkan asam hialuronat adalah komponen yang biasanya ada di dalam cairan tubuh, meliputi jaringan tulang rawan, cairan tubuh, dan juga jaringan kulit. Fungsi asam hialuronat adalah sebagai jaringan yang mentransfer nutrisi esensial dari pembuluh darah ke sel kulit. Peningkatan asan hialuronat akan meningkatkan nutrisi di bagian yang terluka, sehingga fase ketiga berupa regenerasi sel bisa lebih optimal.

Lidah buaya paling sering diaplikasikan ke kulit pada kondisi luka bakar. Hal ini benar adanya, karena luka bakar juga akan melewati proses penyembuhan dengan melewati tiga fase di atas. Apalagi gel lidah buaya juga bersifat melembabkan sehingga bisa mengurangi rasa panas. 

2. Sebagai Pelembab dan Anti Aging

Lidah Buaya terbukti mengandung senyawa yang baik untuk kulit (sumber2)

Lidah buaya mengandung muco-polysakarida, zat ini bila diaplikasikan ke kulit dapat mengikat kelembaban kulit. Ada juga asam amino yang bisa menghaluskan kulit, dan zinc yang bisa mengecilkan pori-pori. Lidah buaya juga telah terbukti bisa meningkatkan integritas sel, sehingga sel-sel menjadi lebih rapat yang berefek mencegah kerutan di wajah. Makanya gak heran ya, lidah buaya sudah banyak dimanfaatkan produsen skincare dan kosmetik karena manfaatnya ini.

3. Sebagai Anti Bakteri, termasuk Bakteri Penyebab Jerawat

Lidah buaya mempunyai enam komponen antibakteri, yaitu lupeol, asam salisilat, urea nitrogen, asam cinnamiat, fenol, dan sulfur. Komponen-komponen tersebut terbukti mempunyai efek anti-bakteri pada bakteri gram positif dan gram negatif. Nah, salah satu penyebab jerawat adalah bakteri  Propionibacterium acne, makanya lidah buaya juga bisa menjadi alternatif pengobatan tradisional untuk mengobati jerawat yang membandel.

Nah, itulah 3 manfaat utama lidah buaya untuk kulit dan kecantikan. Lalu bagaimana cara mendapatkan manfaat tersebut. Berikut ini cara penggunaannya :

1. Bersihkan lidah buaya, buang kulitnya dan manfaatkan daging buah dan gelnya. Haluskan bila perlu, hingga berbentuk gel.
2. Bersihkan muka dengan pembersih yang cocok untuk kulit Anda
3. Gunakan gel lidah buaya tersebut sebagai masker, biarkan mengering kurang lebih 10-15 menit
4. Bilas dengan air bersih

Ribet banget yah? Gak punya banyak waktu? Tenang saja, sekarang sudah banyak beredar produk-produk yang berisi gel aloe vera atau yang mengandung aloe vera sebagai komposisi utamanya. Tinggal beli produknya, kemudian gunakan sesuai petunjuk. 

Selamat mencoba, semoga bermanfaat :)

Sumber :
Hamman, JH. 2008. Review : Composition and Application of Aloe vera Leaf Gel. Molecules, 13, 1599-1616.
Sahu, PK, DD Giri, R Singh, P Pandey, S Gupta, AK Shrisvastava, et al. 2013. Therapeutic and Medical Uses of Aloe Vera: A Review. Pharmacology & Pharmacy, 4, 599-610.

1 komentar:

  1. terimakasih artikelnya membantu sekali
    http://obatasamlambungkronis.xyz/

    BalasHapus